Penjelasan Detail Tentang Fungsi Bearing Pada Reel Pancing

31 Maret 2020 - Kategori Blog

Penjelasan Detail Tentang Fungsi Bearing Pada Reel Pancing

Penjelasan Detail Tentang Fungsi Bearing Pada Reel Pancing

Penjelasan Detail Tentang Fungsi Bearing Pada Reel Pancing

Bearing berfungsi untuk mengurangi gesekan pada komponen-komponen yang berputar di dalam ril. Jenisnya ada berupa bantalan roda (ball bearing) dan ada juga yang memakai bantalan silinder (roller bearing). Dari kedua jenis tersebut, sisi-sisinya ada yang terbuka dan ada juga yang tertutup, disebut double shield.

Roller bearing yang searah, pada umumnya diaplikasikan pada ril-ril jigging untuk menghentikan rotor secara halus dan akurat sehingga pemancing tidak terganggu oleh suara atau getaran yang biasanya muncul pada ril-ril yang belum dilengkapi dengan fitur ini.

Produsen menggunakan istilah mereka sendiri-sendiri dalam menamakan fitur ini seperti super stopper, infinite anti reverse dan lain lain. Bearing biasanya terbuat dari logam jenis besi dan stainless steel dan kini yang paling mutakhir terbuat dari stainless steel yang molekul-molekul pada permukaannya disematkan treatment khusus untuk lebih tahan karat lagi, penamaannya antara lain anti rust bearing, corrosion resistant ball bearing dan lain-lain.

Jumlah bearing yang tepat tergantung konfigurasi dan spesifikasi ril tersebut, lokasi bearing yang paling kritikal yaitu pada poros shaft dan drive gear. Logikanya, semakin banyak gear akan membuat putaran ril menjadi lebih halus dan lancar namun akan menjadi sia-sia apabila jumlah yang banyak tidak dibarengi dengan kualitas yang baik.

Alamat Gudang Grosiran Batam
Townhouse Griya KPN No 12B Blok I RT.05/RW.041 Belian,
Kec. Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau Indonesia
Belakang Mall Botania 2 (MB2)
LOKASI MAP

081 2700 0302
WA Admin Klik DISINI

Comments are closed.

 
Chat Whatsapp