Apa Arti Reseller dan Cara Kerjanya?

01 Agustus 2019 - Kategori Blog

Apa Arti Reseller dan Cara Kerjanya?

Seiring dengan kemajuan teknologi yang terjadi, ikut mempengaruhi perkembangan pekerjaan yang ada. Salah satunya adalah memunculkan pekerjaan sebagai reseller. Pekerjaan sebagai reseller ini banyak diminati bahkan di semua kalangan dari mulai anak sekolah, kuliah, ibu rumah tangga, bahkan orang yang sudah bekerja. Apa Arti Reseller dan Cara Kerjanya?

Apa Arti Reseller dan Cara Kerjanya?

Apa Arti Reseller?

Reseller sendiri memiliki arti “re” kembali dan “seller” menjual. Jadi reseller adalah seseorang yang menjual kembali suatu produk yang dia dapat dari supplier. Biasanya reseller mendapatkan harga produk lebih murah dari pada pembeli ecer.

Apakah reseller harus beli produk dalam jumlah banyak?

Untuk reseller biasanya diberikan dua kebebasan dari supplier. Memilih untuk melakukan stock sendiri atau menjadi dropshiper. Jika memilih untuk melakukan stock sendiri, keuntungannya mempermudah reseller untuk update jumlah barang yang ada. Jadi resiko kehabisan barang bisa diminimalisir. Namun jika sekiranya reseller takut barang tidak laku jika melakukan stock sendiri, reseller bisa memilih untuk menjadi dropshiper tanpa harus stock barang.

Reseller terutama reseller online saat ini sangat diminati. Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai reseller menawarkan kemudahan yang hampir tanpa resiko. Bagaimana tidak? Kita bisa lihat saat ini sangat banyak toko online bermunculan. Itu merupakan salah satu indikator bahwa pekerjaan sebagai reseller sangat diminati.

Bagaimana sih cara kerja menjadi reseller?

Seperti penjelasan di atas, reseller bertugas membantu supplier menjual barang dagangan. Biasanya untuk toko online, supplier sudah menyiapkan foto atau vidio sedemikian rupa dan detail gambar untuk kemudian tugas reseller mengupload atau memasarkan melalui foto tersebut. Memasarkannya tidak harus melalui online. Reseller memiliki kebebasan memasarkan kepada siapapun dengan cara apapun termasuk offline. Meskipun bertugas membantu penjualan, reseller tidak mendapatkan gaji dari supplier, ya. Reseller menentukan margin harganya sendiri yang kemudian itu akan menjadi keuntungannya.

Gimana sih untuk daftar menjadi reseller?

Untuk menjadi reseller syarat dan ketentuan masing-masing supplier atau toko berbeda. Ada yang mengharuskan membeli produk dalam jumlah banyak baru dapat harga grosir, ada yang beli produk sesuai batas minimal misalkan 3 produk di awal pembelian dengan harga normal sedangkan harga selanjutnya baru diberikan harga grosir, ada juga yang join reseller tanpa syarat dan ketentuan. Biasanya tiap supplier maupun toko memiliki admin yang akan bertugas mengakomodir semua pertanyaan calon reseller seputar syarat dan ketentuan menjadi reseller sesuai dengan kebijakan perusahaan mereka. So, jangan takut langsung hubungi admin untuk menjawab rasa penasaranmu.

Apa keuntungan jadi reseller?

Pertama, reseller tidak perlu modal besar. Saat ini sudah sangat banyak supplier yang menawarkan pekerjaan reseller tanpa modal sama sekali. Asalkan reseller memiliki gadget sudah langsung bisa join menjadi reseller. Terlebih ada kemudahan berupa dropship yang tidak mengharuskan reseller melakukan stock barang.

Kedua, hemat waktu. Menjadi reseller sangat menghemat waktu. Karena reseller tidak harus membuat atau mengimpor produk yang akan dijual. Selain itu juga tidak perlu memfoto produk dan membuat konten yang menarik karena semua sudah dilakukan oleh supplier. Tinggal duduk manis, foto produk sudah dikirim ke reseller dan produknya sendiri sudah ready di gudang mereka. Reseller tinggal jual deh.

Ketiga, nggak perlu sewa tempat. Diera digital ini, reseller nggak perlu sewa toko lagi. Cukup daftarkan toko online kalian di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi lainnya atau bisa juga dipasarkan melalui akun sosial media seperti Instagram, WhatsApp, Facebook atau sejenisnya. Dengan modal foto dan detail produk dari supplier, reseller juga bias kok jual secara offline. Kalau ada yang pesen baru deh dipesenin ke supplier.

Keempat, menentukan penghasilan sendiri. Menjadi reseller berarti memiliki kewenangan penuh atas penghasilannya sendiri. Supplier tidak memberikan gaji kepada reseller, tapi reseller berhak menaikkan harga sendiri dan penghasilannya sesuai dengan berapa jumlah produk yang dia jual.

Kelima, tidak perlu ambil & kirim barang. Untuk reseller dalam maupun luar kota sama-sama tidak perlu ambil maupun kirim barang. Karena kebanyakan supplier membuka layanan dropship dimana barang akan dikirim oleh supplier atas nama toko onlinemu.

Menjadi reseller cukup mudahkan? Konten foto maupun video pemasaran sudah ada. Reseller hanya perlu upload ataupun menawarkan secara offline. Jika sudah ada pesanan, tinggal bilang ke supplier, pilih untuk dropship, udah deh supplier yang urus semua packing dan pengiriman. Tinggal duduk manis dirumah, uang langsung masuk rekening.

Bingung cari supplier barang impor tangan pertama? Yuk join jadi reseller Grosiran Batam karena banyak produk impor menarik dengan harga murah.

, , , , , , , , , ,

Comments are closed.

 
Chat Whatsapp