Apa Arti COD dalam Bisnis Online

01 Agustus 2019 - Kategori Blog

Apa Arti COD dalam Bisnis Online

Bagi para penjual maupun pembeli toko online pasti sudah tidak asing lagi dengan kata COD. COD atau Cash On Delivery artinya melakukan pembayaran setelah barang tiba di tempat tujuan. Biasanya untuk mendapatkan layanan COD ini, pembeli sudah melakukan janji atau konfirmasi terlebih dahulu kepada penjual untuk melakukan pembayaran di tempat.

Contoh COD dalam Bisnis Online

Contoh pertama adalah COD dalam satu kota. Misalkan kamu membeli barang ke sebuah online shop yang masih satu kota, lalu kamu meminta kepada penjual untuk COD. Biasanya penjual akan menawarkan lokasi untuk kalian bertemu dan bertransaksi atau bisa juga langsung diantar kerumahmu. Seletah kamu menerima produk yang kamu pesan dan memastikan produk yang kamu terima sudah benar, kamu bisa langsung melakukan pembayaran di tempat. Jadi kamu tidak perlu melakukan transfer kepada penjual.

Supplier Produk Import Tangan Pertama

Apa Arti COD dalam Bisnis Online

Apa Arti COD dalam Bisnis Online

Contoh Lain COD dalam Bisnis Online

Contoh lain COD dalam bisnis online adalah kamu melakukan pemesanan produk ke salah satu toko online ataupun marketplace yang menawarkan layanan COD. Untuk contoh khasus ini, bisa digunakan untuk orang yang berbeda kota. Karena biasanya toko online atau marketplace yang menawarkan COD beda kota sudah memiliki kerja sama dengan pihak ekspedisi.

Jadi untuk COD beda kota kalian bisa melakukan pemesanan melalui website ataupun marketplace yang kemudian memilih metode pembayaran COD (Cash On Delivery) atau bayar ditempat. Setelah melakukan pemesanan, kalian bisa menunggu kurir datang mengantar pesananmu. Setelah pesananmu datang, kamu bisa membayar tagihan belanjamu kepada kurir, untuk selanjutnya kurir akan membayarkannya ke online shop dimana kamu berbelanja.

Apa Keuntungan COD dalam Bisnis Online Untuk Pembeli

Keuntungan menggunakan layanan COD adalah tidak perlu melakukan transfer kepada pembeli. Ini tentu akan memudahkan pembeli yang tidak memiliki rekening ataupun memiliki rekening tapi tidak memiliki mobile banking sehingga mengharuskan pembeli ke ATM terlebih dahulu.

Selain itu, keuntungan selanjutnya adalah untuk menghindari penipuan. Dengan layanan COD ini kamu bisa membayar setelah kamu menerima produk yang kamu beli. Tentu ini sangat bermanfaat agar terhindar dari penipuan online shop. Setelah yakin barang yang dipesan sudah diterima, barulah pembeli membayar barang tersebut.

Apa Kelemahan COD dalam Bisnis Online Untuk Pembeli

Meskipun memiliki keuntungan berupa rasa aman karena membayar produk setelah diterima dan tidak perlu melakukan transfer, namun COD juga memiliki kelemahan. Kelemahan terbesarnya adalah tidak banyak toko yang memiliki layanan COD terutama untuk luar kota dan daerah yang agak terpencil karena jangkauan COD melalui ekspedisi tidak begitu luas.

Apa Keuntungan COD dalam Bisnis Online Untuk Penjual

Keuntungan COD untuk penjual adalah dengan bertatap muka dengan pembeli, akan meningkatkan rasa percaya pembeli kepada olshopmu. Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan reputasi tokomu. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan pembeli akan melakukan transaksi lagi dilain hari atau bahkan mengajak teman mereka untuk membeli produkmu.

Apa Kelemahan COD dalam Bisnis Online Untuk Penjual

Kelemahan COD untuk penjual adalah, jika COD dilakukan langsung antara penjual dan pembeli yang belum saling kenal, tidak menutup kemungkinan jika ada peluang tidak kejahatan. Misalnya seperti uang palsu ataupun tindak kejahatan lainnya.

Meskipun demikian, pilihan COD tetap bisa menjadi petimbangan yang menarik dalam berbelanja online. Dengan menggunakan layanan COD akan memudahkan pembeli maupun penjual dalam bertransaksi.

Jika kamu mencari supplier produk import tangan pertama dengan harga murah, kamu bisa langsung cek Grosiran Batam karena selain harga murah, banyak model yang menarik untuk kamu miliki.

, , , , , , , ,

Comments are closed.

 
Chat Whatsapp